Deprecated: Function eregi() is deprecated in /home/pabsk/public_html/includes/pathway.php on line 280

Deprecated: Function eregi() is deprecated in /home/pabsk/public_html/includes/pathway.php on line 280
BERANDA arrow Tentang Kami arrow Profil dan Sejarah

gedung baru.jpg

A. Dasar Hukum Pembentukan Pengadilan Agama Batusangkar.

Pengadilan Agama Batusangkar dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama tertanggal 29 Nopember 1958 No. B/IV/C.6/6509.

B. Sejarah Pembentukan Pengadilan Agama Batusangkar.

Jika dilihat perjalanan Pengadilan Agama/ Mahkamah Syariah Batusangkar sebelum adanya PP. No. 45 tahun 1957 secara Informil di daerah hukum Agama terutama tentang perkawinan tetapi pada waktu itu belum ada ketentuan resmi tentang peraturan pelaksanaannya, sehingga masalah tersebut ditangani  langsung Tuanku Lapan Jenis, yaitu masalah peradilan tentang hukum agama islam dalam perkawinan telah berlaku dan terkenal, sedangkan masalah cerai dan taklik thalak tidak begitu kelihatan tang dikenal masalah permohonan nikah saja, antara lain seorang perempuan kesulitan terhadap nafkah sebab ditinggalkan oleh suaminya. Jadi untuk penyelesaian kasus dalam rumah tangga tersebut, maka datang surat Keputusan Menteri Agama seperti tersebut diatas dibentuk Pengadilan Agama di Batusangkar.

Pengadilan Agama Batusangkar telah ada sejak tahun 1959 yang bertempat di lingkungan kantor Bupati Kabupaten Tanah Datar, kemudian pada tahun 1967 Pengadilan Agama Batusangkar bersama-sama dengan Kantor Urusan Agama Kabupaten Tanah Datar berusaha membangun gedung bersama, dengan persetujuan Bupati daerah tingat II Kabupaten Tanah Datar, sehingga dibangunlah sebuah dengan biaya swadaya masyarakat diatas tanah komplek kantor Bupati Tanah Datar dengan ukuran 18 x 7 meter dan Pengadilan Agama Batusangkar menempati ruangan dengan ukuran luas 9 x 3,5 meter.

Pada tahun 1972 Pengadilan Agama Batusangkar atas bantuan Bupati Kepala Daerah TK.II Kabupaten Tanah Datar Kantor Pengadilan Agama Batusangkar mendapat penambahan ruangan 9 x 3.5 meter. sehingga ruang Pengadilan Agama Batusangkar menjadi 9 x 7 meter. Dengan adanya penambahan ruangan tersebut Pengadilan Agama Batusangkar sudah lebih luas dibandingkan sebelumnya.

Pada tanggal 22 Juni 1978 Pengadilan Agama Batusangkar telah menempati gedung sendiri, gedung ini diperoleh dengan biaya pelita anggaran tahun 1977/1978 dan gedung lama diserahkan kembali kepada Bupati Tanah Datar, dan sampai saat ini Pengadilan Agama Batusangkar berada di wilayah Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, berdekatan dengan STAIN Batusangkar, yakni yang merupakan tanah hibah dari seorang penghulu di daerah Lima Kaum yaitu Dt. Malano yakni yakni terletak di Jl. Siti hajir No. 1 Limo kaum Kecamatan Lima Kaum dengan ukuran luas tanah 2.675 M2, luas bangunan 260 M2 luas halaman 1015 M2 (data tahun 2009)

Setelah melalui perjuangan dan usaha bersama akhirnya pengadilan Agama Batusangkar tambahan tanah yang luasnya 1.0004 M2 yang diperoleh tahun 2007. sesuai dengan kebijakan Mahkamah Agung Pengadilan Agama Batusangkar juga memperoleh dana pembangunan gedung, dengan prototipe sehingga saat sudah berdiri gedung berlantai 3 yang menghadap ke Jalan Sudirman dengan luas bangunan 1.915 M2. 

C. Kebijakan Umum

Sebagai salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman di Indonesia, Pengadilan Agama Batusangkar     mempunyai fungsi,    tugas dan wewenang untuk menerima, memeriksa, mengadili dan menyelesaikan perkara bagi pencari keadilan yang beragama Islam sesuai dengan kompetensi absolut dan kompetensi relatifnya, dengan asas sederhana, cepat, tepat dan biaya ringan.

Untuk dapat menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai dengan asas sebagaimana tersebut di atas, Pengadilan Agama Batusangkar dituntut untuk mempunyai VISI dan MISI yang jelas, perencanaan yang strategis, managemen yang baik, pelaksana yang tepat dan pembinaan serta pengawasan yang terus menerus.

Rencana Strategi Pengadilan Agama Batusangkar dipergunakan sebagai acuan dalam melaksanakan tugas secara terpadu dan terkoordinasi sesuai dengan bidang masing-masing unit kerja, dengan titik berat kebijakan pada terlaksananya tertib administrasi peradilan yang didukung pemanfaatan aplikasi SAI, SABMN, RKA-KL, SPM dan SIMPEG serta pengendalian managemen dan pengawasan yang beroriantasi pada peningkatan pelayanan publik yang cepat dan kredibel.

Di samping itu, juga berusaha melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaen Tanah Datar dalam hal program Penyuluhan Hukum.

 

Untuk Mendownload Versi PDF Kilik Disini
 
1.jpg
114.jpg

Layanan MA RI

Legislasi
transparent
Putusan
transparent
Pembaruan
transparent
Pengaduan
transparent
Kode Etik
transparent
KHES
transparent
Asianlii

Mahkamah Agung RI

Mahkamah Agung RI
transparent
Badilag
transparent
Badilum
transparent
Badimiltun

Tentang Program Siadpa

siadpa plus.jpg
tutoriali.jpg siadpa download.jpg
siadpa_web.gif

Pengadaan Barang & Jasa

zona pengadaan.GIF  penumuman ru pengadaan.jpg

Deprecated: Function set_magic_quotes_runtime() is deprecated in /home/pabsk/public_html/includes/Cache/Lite.php on line 524

Deprecated: Function set_magic_quotes_runtime() is deprecated in /home/pabsk/public_html/includes/Cache/Lite.php on line 530

Deprecated: Function eregi_replace() is deprecated in /home/pabsk/public_html/includes/domit/xml_domit_parser.php on line 3312

Rubrik Nasional